FE UT Menerima Delegasi Allama Iqbal Open University Pakistan

Pada hari Selasa, 2 Agustus 2022, FE UT menerima kunjungan delegasi Allama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan. Kunjungan ke FE UT merupakan rangkaian dari kunjungaan delegasi AIOU ke UT untuk mempererat hubungan antara kedua universitas. Kunjungan delegasi AIOU ke UT diawali dengan penandatangan MoU antara Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D. dengan Vice Chancellor AIOU, Prof. Dr. Zia Ul Qayyaum pada hari Senin, 2 Agustus 2022. Adapun delegasi AIOU yang berkunjung ke FE UT adalah Prof. Dr. Saqib Riaz (Professor of Mass Communication), Dr. Syed Imran Haider (Associate Professor of Sociology), Dr. Malik Ajmal Gulzar (Associate Professor of English), dan Dr. Muhammad Majid Mahmood Bagram (Associate Professor of Management Sciences).

Acara diawali dengan sambutan oleh Dekan FE sekaligus memperkenalkan Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi serta beberapa dosen FE yang hadir dan dilanjutkan dengan perkenalan dari delegasi AIOU. Selanjutnya diadakan presentasi mengenai FE UT untuk memperkenalkan profil FE UT dan diikuti oleh tanya jawab. Satu hal yang menarik untuk dipelajari dari keberhasilan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Pakistan adalah bahwa AIOU memiliki mahasiswa sebanyak 1.300.000 mahasiswa dengan juimlah penduduk 220.892.340 jiwa dan sebagian besar mahasiswa tersebut adalah wanita yang tinggal di daera-daerah terpencil.

AIOU memberi akses luas kepada penduduk Pakistan yang mengalami keterbatasan untuk mengikuti pendidikan tinggi konvensional, antara lain keterbatasan finansial, sosial budaya, situasi dan kondisi geografi, dll. Ini merupakan praktik baik yang dapat dicontoh untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mampu menempuh pendidikan tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah mahasiswa UT. Pada penutupan acara, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang akademik, seperti pengembangan kurikulum, penyelenggaraan webinar, serta pengembangan materi ajar dan proses pembelajaran.