Tangerang Selatan, Indonesia – Program Studi Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka kembali menunjukkan komitmen untuk memajukan ilmu pengetahuan dan praktik akuntansi dengan menyelenggarakan E-Lecturing Nasional yang berjudul “Akuntansi Holistis: Sebuah Perspektif, Filosofis, Dialektika Pengelolaan Keuangan pada Entitas Pendidikan Tinggi” terkait Mata Kuliah Akuntansi Pendidikan dengan Kode Mata Kuliah EKAP4417 yang berlangsung pada Rabu, 13 November 2024. Acara ini diadakan secara daring melalui platform Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka.
E-Lecturing Nasional bertujuan untuk memberikan pengayaan dan memperkaya pemahaman mahasiswa Universitas Terbuka pada mata kuliah akuntansi pendidikan pada prodi akuntansi keuangan publik. Disisi lain, bagi para peserta eksternal seperti praktisi, profesional lapangan yang membidangi praktik akuntansi pendidikan, acara ini dapat memberikan pembaharuan dan memperkaya ilmu akuntansi pada entitas pendidikan tinggi. Acara yang digelar secara daring melalui zoom meeting menampilkan pembicara utama oleh Prof. Dr. Suryo Pratolo, S.E., M.Si., Ak., CA., CGAA selaku Guru Besar Akuntansi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan acara ini dimoderatori oleh Krist Setyo Yulianto, S.E., M.Acc. selaku Dosen Program Studi Akuntansi Keuangan Publik, Universitas Terbuka.
Topik yang dibahas pada acara ini mengenai pengelolaan keuangan entitas pendidikan tinggi melalui pendekatan akuntansi holistis. Akuntansi holistis merupakan suatu bagian integral pada keseluruhan komponen praktik akuntansi dalam penyelenggaraan tata kelola organisasi atau entitas yang baik, meliputi: tujuan organisasi, pengelolaan atau manajemen organisasi, dan tata kelola organisasi yang terdiri dari akuntabilitas, transparansi, dan pertanggungjawaban (responsibilitas) organisasi.
Prof. Dr. Suryo Pratolo, S.E., M.Si., Ak., CA., CGAA selaku pembicara utama menyampaikan bahwa “Dalam konteks pengelolaan keuangan entitias pendidikan tinggi, yaitu pengelolaan keuangan perguruan tinggi, akuntansi holistis merupakan pendekatan akuntansi dalam melihat keseluruhan bingkai tata kelola entitas sehingga akuntansi holistis merupakan upaya untuk melihat kondisi kesehatan organisasi melalui seluruh aspek, meliputi governance, etika profesi, manajemen, teori akuntansi, internal control system, management control system, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, kondisi keuangan, audit, perpajakan, analisis informasi keuangan, dan sistem informasi akuntansi”.
Acara ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari civitas akademika FEB Universitas Terbuka, dosen, praktisi akuntansi pendidikan, dan pengelola keuangan perguruan tinggi. Partisipasi yang cukup tinggi mencerminkan tingginya minat dan motivasi terhadap topik akuntansi pendidikan serta pentingnya dialog sectoral dalam membangun pengelolaan keuangan yang berorientasi pada nilai dan keberlanjutan.
Besar harapan acara ini dapat memberikan kontribusi dan kebermanfaatan pada pendidikan akuntansi di Indonesia karena sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi kepada mahasiswa, praktisi, profesional, civitas akademika, pengambil kebijakan, dan cendekiawan yang memiliki ketertarikan pada bidang akuntansi pendidikan. Disamping itu, acara ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pratik yang relevan bagi masyarakat dan dunia pendidikan.