Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (S3)
VISI
MISI
- 1. Menyelenggarakan program doktor pada bidang ilmu manajemen bagi semua lapisan masyarakat melalui pembelajaran jarak jauh yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
- 2. Mengembangkan program doktor pada bidang ilmu manajemen dengan kemampuan kewirausahaan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan luas, mampu menciptakan inovasi dan memenuhi tuntutan masyarakat di era digital.
- 3. Membentuk doktor ilmu manajemen yang profesional, berintegritas dan akuntabel yang dapat memajukan ilmu pengetahuan, kewirausahaan dan kesejahteraan masyarakat.
- 4. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang manajemen dan mendiseminasikannya untuk kepentingan kemajuan ilmu pengetahuan, praktik bisnis dan kewirausahaan, serta sistem pembelajaran jarak jauh.
Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) adalah menyiapkan mahasiswa agar mempunyai kualitas akademik dan intelektual yang baik dalam bidang manajemen sehingga dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan luas serta mampu menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan persaingan global yang semakin tajam.
Β
Capaian Pembelajaran
Untuk mewujudkan profil lulusan tersebut di atas,Β PS DIM-UT merumuskan capaian pembelajaran lulusan dengan mengacu pada Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 juncto Permenristekdikti Nomor 50 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Lampiran Kepmendiknas Nomor 49 Tahun 2014 serta memperhatikan level 9 (sembilan) KKNI (Perpres Nomor 8 Tahun 2012).
Tabel Capaian Pembelajaran PS DIM-UT
No | Capaian Pembelajaran (CP) | Sumber Acuan |
I | Aspek Sikap | Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 juncto Permenristekdikti Nomor 50 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Lampiran Kepmendiknas Nomor 49 TahunΒ 2014 |
Β | a.Β Β Β Β Β Β Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | |
b.Β Β Β Β Β Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | ||
c.Β Β Β Β Β Β Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta semangat kewirausahaan | ||
d.Β Β Β Β Β Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila serta berjiwa nasionalisme | ||
e.Β Β Β Β Β Β Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | ||
f.Β Β Β Β Β Β Β Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | ||
g.Β Β Β Β Β Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | ||
h.Β Β Β Β Β Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | ||
i.Β Β Β Β Β Β Β Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | ||
j.Β Β Β Β Β Β Β menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | ||
k.Β Β Β Β Β Menjaga harmonisasi hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan kerja, jaringan kerja sama, dan komunitas akademik, profesional, dan bisnis | ||
l.Β Β Β Β Β Β Β Menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat | ||
m.Β Β Β Menjaga kredibilitas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di era digital | ||
II | Aspek Pengetahuan | § Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 juncto Permenristekdikti Nomor 50 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi § Lampiran Kepmendiknas Nomor 49 Tahun 2014 § Rekomendasi Kurikulum FMI (Forum Manajemen Indonesia) § Rekomendasi Pakar Manajemen Pemasaran (Ketua IMARC/Indonesian Marketing Academy) § Rekomendasi Guru Besar Ekonomi dan Bisnis UGM § Rekomendasi Ekonomika dan Bisnis UII |
Β | a.Β Β Β Β Β Β Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan secara ilmiah dan filosofis, khususnya manajemen (pemasaran, sumber daya manusia, keuangan) dan kewirausahaan yang mutakhir, serta interelasi dengan disiplin ilmu atau teori lain yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan | |
b.Β Β Β Β Β Menganalisis prinsip dan isu terkini dalam politik, ekonomi, sosial, ekologi, humanitarianisme, internasionalisme dan isu-isu global kontemporer, serta perkembangan teknologi terbaru | ||
III | Aspek Keterampilan Umum | § SN-PT § Rekomendasi Kurikulum FMI (Forum Manajemen Indonesia) § Rekomendasi Pakar Manajemen Pemasaran (Ketua IMARC/Indonesian Marketing Academy) § Rekomendasi Guru Besar Ekonomi dan Bisnis UGM § Rekomendasi Ekonomika dan Bisnis UII |
Β | a.Β Β Β Β Β Β Mengembangkan kebaruan ilmu manajemen yang berkontribusi pada ilmu pengetahuan di bidang kewirausahaan dan/atau bisnis melalui penelitian ilmiah | |
b.Β Β Β Β Β Menyusun karya ilmiah inter-, multi, atau trans-disipliner termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimental dalam bidang ilmu manajemen dan inovasi yang dihasilkannya | ||
c.Β Β Β Β Β Β Mempublikasikan hasil penelitian di bidang ilmu manajemen pada jurnal ilmiah bereputasi nasional dan internasional | ||
d.Β Β Β Β Β Melakukan penelitian yang memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan inter-, multi-, atau trans-disipliner, untuk penyelesaian masalah pada bidang ilmu manajemen, kewirausahaan, dan bisnis | ||
e.Β Β Β Β Β Β Mendiseminasikan argumen dan solusi keilmuan pada bidang manajemen melalui media kepada masyarakat Β | ||
Β | f.Β Β Β Β Β Β Β Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain serta persyaratanΒ praktik di bidang manajemen, kewirausahaan, dan bisnis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya | |
Β | g.Β Β Β Β Β Mengelola kegiatan belajar sepanjang hayat secara mandiri dan/atau team workΒ dengan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber belajar, termasuk sumber digital | |
Β | h.Β Β Β Β Β Mengembangkan dan memelihara jejaring komunitas manajemen, kewirausahaan, dan bisnis | |
IV | Aspek Keterampilan Khusus | § Rekomendasi Kurikulum FMI (Forum Manajemen Indonesia) § Rekomendasi Pakar Manajemen Pemasaran (Ketua IMARC/Indonesian Marketing Academy) § Rekomendasi Guru Besar Ekonomi dan Bisnis UGM § Rekomendasi Ekonomika dan Bisnis UII |
Β | a.Β Β Β Β Β Β Mampu menyusun kebaruan pengetahuan yang original dan teruji berdasarkan ontologi, epistemologi, dan aksiologi pada fungsi- fungsi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan pada kewirausahaan melalui penelitian inter-, multi-, atau trans-disipliner | |
b.Β Β Β Β Β Mampu mengembangkan metode pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah manajerial dan kewirausahaan yang memenuhi kaidah-kaidah ilmiah | ||
c.Β Β Β Β Β Β Mampu menyelesaikan masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level strategikal, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal dan global |
- Kurikulum:
- 1. Kajian regulasi (SN-PT, KKNI dan Rencana Strategis Bisnis UT)
- 2. Analisis lingkungan internal dan eksternal.
- 3. Studi kelayakan.
- 4. Patok duga (Banchmarking) untuk pengembangan kurikulum doktor ilmu manajemen baik perguruan tinggi luar negeri (Murdoch University Australia dan University Malaya, Malaysia) maupun dalam negeri (Universitas Diponogoreo, Universitas Indonesia, Universitas Pertanian Bogor)
- 5. Validasi kurikulum oleh asosiasi (Forum Manajemen Indonesia), para pakar ilmu manajemen, praktisi, desain instruksional dan pakar/praktisi pendidikan jarak jauh.
- Profil Lulusan
- Lulusan PS DIM-UT diharapkan mampu mengembangkan konsep manajemen dalam lingkup kewirausahaan di era digital. Kompetensi tersebut ditentukan berdasarkan target kemampuan lulusan PS DIM-UT yang merupakan rangkaian capaian pembelajaran lulusan program S2 dan program S1 Manajemen Fakultas Ekonomi UT.