Pada Hari Rabu sampai Minggu, tanggal 2 – 6 Oktober 2019 telah dilaksanakan Kegiatan Reanalisis Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka bertempat di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta.
Dasar Pelaksanaan :
1.) Surat Tugas Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka No. 43213/UN31.FAK.2/PP.08/2019 tertanggal 19 September 2019.
2.) Workshop Re-Analisis Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka tanggal 2 – 6 Oktober 2019 bertempat di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta.
Tujuan Kegiatan :
Kegiatan Re-Analisis kurikulum ini bertujuan untuk melakukan analisa kembali kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Terbuka yang sesuai perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi yang begitu cepat, serta kebutuhann dunia usaha dan dunia industry yang mengakomodir pada era revolusi Industri 4.0 serta penerapan pendidikan abad 21 yaitu Outcome Base Educationa (OBE).
Agenda Kegiatan :
Rabu, 2 Oktober 2019: Paparan dari
• Prof. Tian Belawati
• Prof. Paulina Pannen
• Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A
Kamis dan Jumat, 3 dan 4 Oktober 2019: FGD dan Perumusan Visi, Misi, CPL dan CPMK
• FGD dihadiri oleh Akademisi, Praktisi dan Asosiasi
• Penyusunan Visi, Misi, CPL dan CPMK (didampingi oleh Fasilitator)
Sabtu, 5 Oktober 2019: Kerja Mandiri Penyusunan CPMK (didampingi fasilitator)
Minggu, 6 Oktober 2019: Sanctioning Hasil Kegiatan
Peserta Kegiatan |
Narasumber:
- Prof. Tian Belawati
- Prof. Paulina Pannen
- Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A
- Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc
- Rossanto Dwi Handoyo, Ph.D
- Dr. Deddy Heriwibowo, MEP
- Heddy A. Pritasa, S.E., M.M
- Dr. Siti Aisyah
- Teguh Dartanto, Ph.D
Penanggung Jawab:
Dr. Etty Puji Lestari, S.E, M.Si.
Moderator:
Dr. Ake Wihadanto, S.E., M.T.
Notulis:
Rini Yayuk Priyati, S.E., M.Ec., Ph.D.
Fasilitator:
Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A.
Peserta:
- Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si.
- Dra. Any Meilani, M.Si.
- Arief Rahman Susila, S.E., M.Si.
- Dra. Hendrin Hariati Sawitri, M.Si.
- Rini Febrianti, M.E.
- Drs. Suhartono, M.Si.
- Ir. Tri Kurniawati Retnaningsih, M.Si.
- Yosi Mardoni, S.E., M.Si.
- Zulfahmi, S.E., M.Si.
Administrasi:
- Annisa Syarifah, S.Si
- Nurul Habibah, S.E
Waktu Pelaksanaan : 2 – 6 Oktober 2019
Tempat Pelaksanaan : Hotel Aston Marina Ancol Jakarta
Hasil Kegiatan :
1.) Paparan PJJ dan Kebijakan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 :
a.) Prof. Tian Belawati
Kompetensi Revolusi Industri 4.0
• Penguatan Karakter
• Literasi Kemanusiaan
• Literasi Sosial
• Literasi teknologi
• Mahasiswa diajak deep learning dan reflecting thingking
• 10 Keterampilan RI 4.0
b.) Prof. Paulina Pannen
• Fokus pada pengembangan SDM,
• Internasionalisasi dan konektivitas,
• Pelibatan mahasiswa
• Engagement (dosen dan mahasiswa), link
• Pembagian kriteria internasionalisasi dan konektivitas (30 % praktek, 40 % keilmuan, 30 % ke UT-an
c.) Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek I)
• 30 % nuansa terapan
• 9-10 SKS kompetensi ciri khas prodi
• Harus ada banchmark 3 PTN bereputasi, 3 Pt luar negeri
• Menguasai Bahasa asing
2.) Focus Group Discussion
a.) Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc
• Kurikulum diperbaiki setiap tahun
• Kurikulum fokusnnya aplied bukan science sehingga MK harus up to date dan bias digunakan untuk 10 tahun mendatang
• Visi harus memiliki 3 hal: achievement, dimensi waktu, prestasi)
• Konsentrasi Regional dan bisnis economic digital
• Memiliki hubungan dengan SDM unggul Indonesia maju
• Kurikulum jadi pemimpin bukan tukang
b.) Dr. Deddy Heriwibowo, MEP
• Sekarang masuk e-gov dan mengarah ke smart city
• Lulusan harus memiliki pemahaman tentang eco-system pemerintah dan mamp berinteraksi dengan ekosistem pemerintah
• New economics Institutional
• Behaviour economics
• MK yang bisa diaplikasi pada penganggaran pemerintah
c.) Dr. Siti Aisyah
• Profil lulusan versi APSEPI
• Visi harus unik, terukur dan realistik
• Apakah membentuk MK baru atau memasukan ruhnya kedalam MK yang sudah ada (RI 4.0)
• Profil lulusan UNS (ekonom, analis, praktisi, wirausahawan)
• CPL minimum ada 4 awal: menguasasi konsep dasar ilmu ekonomi, mengaplikasikan dan memngembangakan keahlian dalam bidang ekonomi, mengkomunikasikan dan tanggung jawab sosial
d.) Rossanto Dwi Handoyo, Ph.D
• UT harus Lebih ke practical
• Lulusan S1 itu harus jadi pemimpin dan decision maker
• PT harus menghasilkan lulusan yang create Job
• Ada konsentrasi-konsetrasi
• Sertifikasi kompetensi
• UNAIR mendekatkan mahasiswa dengan praktisi (mengundang praktisi untuk hadir sharing knowledge dengan mahasiswa)
• Penekanan pada lulusan yang bukan untuk pemerintahan
e.) Heddy A. Pritasa, S.E., M.M
• Banyak Materi terkait ekonomi makro dan mikro (terkait Fiscal)
• Mitigasi finansial ( Banyak peraturan kementrian terakit dengan asuransi, ex : asauransi pertaniaan, asuranasi perikanan, asuransi milik negara)
• Forum eksekutif asuransi (banyak alumni UT)
• Modul UT sudah bagus, bisa belajar tanpa nanya
• Wadah alumni UT kurang tersalurkan
• Memperkuat wadah keterikatan
f.) Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A.
• Kurikulum sebagai suatu sistem
• Taksonomi bloom perlu diperhatikan
• Perlu diperhatikan system UT akibat perubahan kurikulum akan merubah semuanya
• Rumuskan Profil lulusan terlebih dahulu, capaian pembelajaran
g.) Teguh Dartanto, Ph.D
• Perubahan kurikulum dilakukan setiap tahun yang minor sedangkan mayor setiap 4 tahun
• Tuntutan Life skil mahasiswa harus bisa 4 literasi (dasar, data, teknologi dan manusia)
• Tuntutan excellence
• Tuntutan persaingan global dan ranking
• Tiga tantangan utama: mampu membekali mahasiswa untuk pekerjaan yang belum ada saat ini, teknologi permasalahan yang belum teridentifikasi
• 5 kompetensi : kebutuhan masyarakat, dunia kerja, profesional, generasi muda dan perkembangan ilmu
• Proses yang dipentingkan adalah menjawab kebutuhan pasar
• Pembelajan dalam MK Ekonometrika mengesampingkan asumsi
• MK Mikro dan maksro sebesar 25 persen dari total sks yang diambil
3 .) Kerja Kelompok Merumuskan Hasil FGD
a.) Profil Lulusan
• Ekonom
• Wirausahawan
• Peneliti
• Perencana Pembangunan
• Pengambil Kebijakan
b.) ELO (Expected Learning Outcome)
• Mampu menerapkan konsep dasar makroekonomi dan mikroekonomi dalam pemecahan masalah yang berkaitan dalam pembangunan ekonomi
• Mampu menerapkan prinsip prinsip ekonomi dalam menjalankan wirausaha
• Mampu berperan sebagai asisten peneliti dalam penelitian ekonomi
• Mampu menggunakan analisis ekonomi dalam membuat perencanaan pembangunan
• Mampu mengkaji kebijakan terkait dengan permasalahan ekonomi dan pembangunan
Foto Kegiatan