Program Studi AKUNTANSI keuangan publik (S1)
Fakultas Ekonomi dan Binsnis Universitas Terbuka
Sekapur Sirih
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI
PROGRAM STUDI AKUNTANSI KEUANGAN PUBLIK [AKP]
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan karunia-Nya sehingga PS AKP semakin eksis dan terus diminati untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ucapan terima kasih juga kami haturkan kepada semua pihak yang sudah memberikan suport dan fasilitasi untuk kelancaran pengembangan Website ini.
Selamat datang di Website resmi PS AKP-UT. Di era digital saat ini, website merupakan pintu gerbang informasi terdepan sebagai sarana untuk menyebarluaskan berbagai informasi, kegiatan, kemajuan pendidikan dan pencapaian PS AKP-UT terkini. Salah satu kegiatan unggulan PS AKP adalah Competition of Public Sector Innovation (COPSI) yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali untuk mengapresiasi para innovator dan inventor dibidang publik atau yang telah mendatangkan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar untuk menumbuhkan budaya apresiasi.
Di sisi lain kami sungguh berharap Website ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi dan komunikasi Program Studi dengan mahasiswa/i dan para alumni di manapun berada, bersama para mitra antara lain Ikatan Akuntan Indonesia [IAI], Forum Dosen Akuntansi Publik [FDAP], Association of Public Sector Accounting Educator [APSAE], the Association of Chartered Certified Accountants [ACCA] yang merupakan asosiasi bidang akuntansi sektor publik tingkat internasional yang berkedudukan di Glasgow, London, Inggris dan Association of Certified Fraud Examiners [ACFE] yang merupakan asosiasi bidang audit fraud tingkat internasional yang berkedudukan di Austin, Texas, Amerika Serikat, perguruan tinggi negeri dan swasta baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri serta berbagai pihak yang berkecimpung pada kepentingan publik, sebagai sebuah keluarga besar yang solid serta dapat berkontribusi dalam memajukan pendidikan melalui PS AKP-UT tercinta.
Kami menyadari website ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, kami akan terus belajar dan meng-update diri, sehingga konten dan kualitas tampilan website ini akan semakin berkembang. Kritik, saran dan masukan dari berbagai stakeholder tentu sangat kami harapkan.
Kepada tim pengembang dan pengelola, kami berharap agar dapat terus menyempurnakannya dengan penuh semangat. Terima kasih atas kerjasamanya, mari terus berkarya menuju PS AKP-UT yang lebih berkualitas dan berjaya dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa Indonesia.
Program Studi Akuntansi Keuangan Publik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, membangun masa depan akuntansi publik untuk mengakselerasi pelayanan publik yang lebih baik [Building The Future of Public Accounting to Accelerate Better Public Services]
Kiranya Tuhan Yang Maha Esa meridhoi setiap usaha mulia kita di bidang Pendidikan.
Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ketua Program Studi Akuntansi Keuangan Publik
Ratna Marta Dhewi, S.E., M.Acc., Ak.
Sertifikat Unggul Program Studi Akuntansi Keuangan Publik
Visi
- Menghasilkan lulusan sarjana Akuntansi Keuangan Publik yang berkualitas dunia, berkelanjutan, dan berkontribusi pada tatanan global melalui sistem PTTJJ yang didukung oleh teknologi terkini
Misi
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran berkualitas dunia, berkelanjutan dan berkontribusi pada tatanan global
- Melaksanakan penelitian yang berkualitas dunia, berkelanjutan dan berkontribusi pada tatanan global terutama bidang otonomi daerah, akuntabilitas publik dan tata kelola organisasi publik
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kemitraan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan global dan mengakselerasi pelayanan publik yang lebih baik.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan Akuntansi Keuangan Publik yang berkualitas dunia, berkelanjutan, dan berkontribusi pada tatanan global;
- Menghasilkan karya yang berkualitas dunia, berkelanjutan dan berkontribusi pada tatanan global terutama bidang otonomi daerah, akuntabilitas publik dan tata kelola organisasi publik; dan
- Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kemitraan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan global dan mengakselerasikan pelayanan publik yang lebih baik.
Profil Lulusan
Capaian pembelajaran :
Kurikulum Program Studi S1 Akuntansi Keuangan Publik dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester yang dibuat dalam bentuk paket arahan semester untuk memudahkan mahasiswa/i dalam menentukan MK yang diambil sehingga dapat lulus tepat waktu. Capaian pembelajaran S1 Akuntansi Keuangan Publik meliputi Sikap dan Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus. Berikut adalah Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus yang akan diperoleh oleh lulusan sebagai ciri khas Program Studi Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka.
Keterampilan Umum :
1. Kemampuan mengevaluasi sifat-sifat dari aktivitas organisasi publik dan pertanggungjawabannya, pengendalian dan penilaian kinerja atas organisasi publik.
2. Kemampuan mendeskripsikan teori, praktIk dan kerangka kebijakan nasional dan internasional dari akuntansi keuangan organisasi publik dan pelaporannya.
3. Kemampuan mendeskripsikan kegunaan dan praktik dari akuntansi manajemen dalam perencanaan dan pengendalian aktivitas organisasi publik.
4. Kemampuan mengidentifikasi, mengevaluasi dan menerapkan teknik penilaian investasi pada organisasi publik.
5. Kemampuan menerapkan peranan fungsi pemeriksaan sebagai bagian dari value for money audit dalam organisasi publik.
6. Kemampuan mengevaluasi secara kritis penerapan akuntansi dan kebijakannya terhadap perubahan sifat lingkungan organisasi publik.
Keterampilan Khusus:
1. Kemampuan mengevaluasi secara kritis tentang proses akuntabilitas, pengendalian dan evaluasi kinerja organisasi publik dengan menggunakan standar nasional dan internasional.
2. Kemampuan membandingkan praktik akuntansi manajemen dan praktik pengendalian anggaran baik nasional dan internasional yang digunakan di organisasi publik.
3. Kemampuan mengembangkan pemahaman kritis tentang teori, praktik dan kerangka regulasi akuntansi pemerintah dan organisasi publik serta pelaporannya pada tingkat nasional dan internasional.
4. Kemampuan mengevaluasi secara kritis tentang implikasi akuntansi pada perubahan organisasi publik berdaya saing internasional dan otonom.
5. Kemampuan mengevaluasi secara kritis tentang teknik pengukuran investasi organisasi publik sesuai ketentuan dan perundangan nasional dan internasional.
6. Kemampuan mengimplementasikan pentingnya peranan fungsi audit dan ‘value for money’ pada organisasi publik.
Profesi lulusan PS AKP dapat menjadi:
1. Bendaharawan pemerintah pusat atau daerah pada instansi dalam maupun luar negeri.
2. Auditor internal atau eksternal baik berskala nasional dan internasional.
3. Akuntan: bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang desa, dan organisasi publik lainnya berdaya saing internasional.
4. Wirausahawan berdaya saing global. 5. Konsultan bidang akuntansi dan keuangan berdaya saing internasional.
No | Profesi Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Praktisi Akuntansi dan | Menjadi praktisi atau mitra strategis baik pada institusi dalam negeri maupun luar negeri yang mendukung penyajian dan penggunaan informasi keuangan dan non keuangan untuk pengambilan keputusan, dengan mendayagunakan teknologi informasi terkini dalam organisasi, sehingga mampu melaksanakan tata kelola yang baik dan mengaksel- erasi pelayanan publik dan pemerintahan terutama di bidang Akuntansi dan Keuangan. |
PL2 | Auditor | Menjadi auditor internal atau eksternal yang berdaya saing gobal yang berkeahlian dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan baik secara internal maupun eksternal pada entitas pemerintahan dan organisasi sektor publik secara manual dan menggunakan teknik audit berbantuan kom- puter (TABK) berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum. |
PL3 | Wirausahawan | Menjadi seorang wirausahawan yang berdaya saing global yang memiliki kepedulian sosial dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. |
Deskripsi Mata Kuliah
KODE MK | NAMA MK | SKS | KETERANGAN |
---|---|---|---|
EKSI4101 | Laboratorium Pengantar Akuntansi | 2 sks | Mata kuliah Laboratorium Pengantar Akuntansi mencakup prosedur pencatatan transaksi keuangan perusahaan, yang dimulai dari pencatatan (jurnal), pembukuan dan penyusunan laporan keuangan. Lebih lanjut menguraikan persamaan akuntansi, laporan keuangan, sistem pencatatan keuangan dan penutup, neraca lajur, kertas kerja, akuntansi utang-piutang, persediaan, dan pencatatan modal serta dividen. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4115 (Pengantar Akuntansi). |
EKSI4202 | Hukum Pajak | 3 sks | Mata kuliah ini menjelaskan tentang pajak dan hukum pajak di Indonesia secara umum baik pajak pusat maupun pajak daerah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Topik-topik khu¬sus yang dipelajari adalah pengertian, fungsi dan tarif pajak, hukum pajak Indonesia dan internasional, reformasi pajak, zakat dan pajak, keten¬tuan umum dan tata cara perpajakan, badan peradilan pajak Indonesia; pe¬ngan¬tar perpajakan internasional, bea materai serta pajak daerah dan retribusi daerah. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4115 (Pengantar Akuntansi). |
EKSI4203 | Teori Portofolio dan Analisis Investasi | 3 sks | Mata kuliah ini membahas kerangka konsep dasar manajemen investasi, pengertian pasar, instrumen yang diperdagangkan dan mekanisme perdagangan, teori risiko dan return, pemilihan portofolio, obligasi, saham, seku¬ri¬tas derivatif dan teori investasi modern. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4213 (Manajemen Keuangan). |
EKSI4204 | Analisis Informasi Keuangan | 3 sks | Mata kuliah ini membahas pengertian dan konsep dasar analisis laporan keuangan, analisis strategi, analisis akuntansi, implementasi analisis akuntansi, analisis pendanaan dan investasi, analisis operasi, analisis rasio ke¬uang¬an, analisis proyeksi, analisis kredit, komunikasi dan governance. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4213 (Manajemen Keuangan). |
EKSI4205 | Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank | 3 sks | Mata kuliah ini membahas tentang berbagai lembaga keuangan, baik bank dan non bank. Pembahasan meliputi aspek lembaga keuangan dan sistem keuangan, kebijakan moneter dan perbankan Indonesia, manajemen bank umum dan syariah, leasing, modal ventura, anjak piutang, kartu plastik, manajemen asuransi, dana pensiun dan pegadaian serta analisis bunga. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4213 (Manajemen Keuangan). |
EKSI4206 | Perpajakan | 3 sks | Mata kuliah ini membahas tentang hukum pajak di Indonesia dan penerapan hukum pajak tersebut di dalam praktik akuntansi. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4202 (Hukum Pajak). |
EKSI4207 | Akuntansi Sektor Publik | 3 sks | Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai kerangka konsepsi serta berbagai prinsip yang berlaku dalam lingkungan akuntansi pemerintah dan organisasi nirlaba. Materi yang dicakup meliputi kajian tentang peranan akuntansi dalam rangka akuntabilitas. Praktik akuntansi yang berorientasi pada Fund Accounting serta akuntansi yang eksis maupun yang hendak dikembangkan di Indonesia, baik di lingkungan pemerintah pusat maupun dalam rangka otonomi daerah. Selain itu juga dibahas secara khusus mengenai akuntansi organisasi nirlaba dan perlu tidaknya perbedaan akuntansi sektor publik dari akuntansi komersial. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4115 (Pengantar Akuntansi). |
EKSI4308 | Auditing I | 3 sks | Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman tentang profesi akuntan publik serta keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang auditor. Topik yang akan dibahas meliputi pengertian auditing, jenis-jenis economic auditing, pembuktian dan dokumentasi, perencanaan dan prosedur analitis, mate¬rialitas dan risiko audit, serta penilaian terhadap sistem pengendalian intern perusahaan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4313 (Akuntansi Keuangan Menengah II). |
EKSI4309 | Akuntansi Keuangan Lanjutan I | 3 sks | Mata kuliah ini membahas berbagai aspek akuntansi keuangan untuk situasi yang bersifat khusus yang terjadi pada suatu entitas bisnis. Topik-topik khusus yang dipelajari adalah persekutuan: pembentukan, operasi dan pem¬bagian laba perseku¬tuan; pembubaran persekutuan; pengembangan perse¬kutuan; likuidasi perseroan, reorganisasi dan restrukturisasi utang; penjualan angsuran; penjualan konsinyasi; hubungan kantor pusat dengan kantor ca¬bang; pelaporan segmen dan interim serta akuntansi valuta asing. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4210 (Akuntansi Keuangan Menengah I). |
EKSI4310 | Auditing II | 3 sks | Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan prosedur dan teknik pengujian substantif atas saldo setiap unsur laporan keuangan, akuntan dan pengaruh pengendalian dalam pemeriksaan akuntan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4308 (Auditing I). |
EKSI4311 | Akuntansi Keuangan Lanjutan II | 3 sks | Mata kuliah ini membahas berbagai aspek akuntansi keuangan untuk situasi yang bersifat khusus yang terjadi pada suatu entitas bisnis yang belum ter-cakup dalam A¬kun¬tansi Keuangan Lanjutan I. Topik-topik khusus yang dipe-lajari adalah akun¬tan¬si un¬tuk investasi saham; penggabungan usaha; lapor¬an konsolidasian sesa¬at se¬sudah akuisisi; laporan konsolidasian beberapa saat sesudah akuisisi; laporan konsolidasian outside ownership. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4309 (Akuntansi Keuangan Lanjutan I). |
EKSI4312 | Sistem Informasi Akuntansi | 3 sks | Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar Sistem Informasi Akuntansi; penggunaan teknik-teknik sistem dalam pengembangan dan doku-mentasi Sistem Informasi Akuntansi; karakteristik sistem komputer dan aspek-aspek keamanan komputer; aplikasi teknologi informasi dalam akun-tansi; konsep arus pemrosesan transaksi; aplikasi-aplikasi siklus transaksi; konsep Struktur Pe¬ngen¬dalian Intern untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan langkah-langkah analisis sistem dalam pengembangan Sistem Informasi Akuntansi dan pembuatan Sistem Informasi Akuntansi se-suai dengan alternatif-alternatif, spesifikasi, pertim¬bangan dan teknik peran-cangan serta implementasinya. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ADPU4442 (Sistem Informasi Manajemen). |
EKSI4413 | Audit Manajemen | 3 sks | Mata kuliah ini membahas konsep dasar audit manajemen, hubungan audit manajemen dengan sistem pengendalian manajemen, audit manajemen terhadap fungsi-fungsi pada organisasi/perusahaan yang meliputi fungsi Keuangan, fungsi Pemasaran, fungsi Sumber Daya Manusia, fungsi Pembelian, fungsi Produksi, Kepastian Mutu dan fungsi Pengolahan Data Elek¬tronik (PDE) serta tanggung jawab auditor terhadap adanya kecurangan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4310 (Auditing II). |
EKSI4414 | Laboratorium Auditing | 2 sks | Mata kuliah Laboratorium Auditing membahas praktik pemeriksaan keuangan mulai dari penelaahan permanent file, audit prosedur dan pro¬gram, pemeriksaan akun (general ledger) hingga pada penerbitan opini auditor. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4308 (Auditing I); EKSI4310 (Auditing II). |
EKSI4415 | Teori Akuntansi | 3 sks | Mata kuliah ini membahas berbagai teori akuntansi keuangan, yang meliputi falsafah, metodologi dan perkembangannya, pokok-pokok bahasan serta teori yang mendasari praktik akuntansi keuangan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKSI4311 (Akuntansi Keuangan Lanjutan II). |
EKSI4416 | Sistem Pengendalian Manajemen | 3 sks | Mata kuliah ini membahas konsep dasar sistem pengendalian manajemen, strategi perusahaan dan hubungannya dengan sistem pengendalian mana-jemen, aspek perilaku dalam organisasi, konsep dasar pusat pertang¬gung-jawaban, pusat laba dan harga transfer, pusat investasi, proses pengen¬dalian manajemen yang meliputi Perencanaan Stratejik, Penyiapan Ang¬garan, Pengukuran dan Evaluasi Kinerja, serta Manajemen Kompensasi. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4314 (Akuntansi Manajemen); EKSI4312 (Sistem Infor¬masi Akuntansi). |
Daftar Mata Kuliah
Testimoni Mahasiswa
“Saya bekerja di Malaysia untuk meraih kesempatan kerja di dalam negeri yang lebih baik dan lebih luas dengan berbekal pengalaman dan pendidikan di Program Studi Akuntansi Keuangan Publik [PS AKP].”
Untuk menjaga semangat belajar, saya berusaha untuk tetap fokus pada tujuan semula kenapa saya kuliah dan cita-dita masa depan. Tahun 2023 adalah angkatan terbanyak di Johor, saya aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di UT Johor, setiap hari minggu saya datang ke Sekolah Indonesia Johor Bahru (UTPJ) untuk bersosialisasi dengan mahasiswa UT lainnya dan pada Hari Ulang Tahun UTPJ yang ke-13, saya memenangkan Juara 1 Lomba Baca puisi. Sunguh menyenangkan bekerja sambil belajar di UT. Saksikan kisah saya lebih lanjut di: https://www.youtube.com/watch?v=AedjAJw9pNk&t=603s
Reski Mulyadi
Mahasiswa PS AKP di Johor Bahru- Malaysia
- Mengapa Saya memilih PS-AKP, FEB UT? Karena hanya di Fakultas Ekonomi dan bisnis UT saya menemukan passion saya , terutama di Prodi Akuntasi Keuangan publik yang mana saya melihat potensi yang luar biasa untuk masa depan dan karir saya kedepan
- Bagaimana saya mengatur waktu? Saya berprinsip, saya yang akan mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur saya.
- Bagaimana Cara Saya Mengatasi Kesulitan dalam memahami Materi kuliah? Hal-hal yang saya lakukan ,antara lain :
- Mengulang kembali materi
- Mencari sumber refrensi tambahan agar lebih cepat memahami materi
- Berdiskusi dengan teman
- Bertanya langsung pada dosen pembimbing
Bambang Christianto Aryadi, The Student of Public Financial Accounting – FEB UT in German
I chose Universitas Terbuka [UT] because UT offers convenience for students to obtain education according to ability, time, cost, and distance. In addition, at UT, students can choose a learning system that is right for them; for example, they can choose face-to-face tutorial (TTM) learning, which aims to discuss a problem in a learning system that is lacking or not understood directly with a tutor. Students can also take non-TTM (non-face-to-face) tutorials for those who don’t have the opportunity to do face-to-face tutorials. I personally take non-TTM because the time is more flexible, so I can access courses whenever and wherever I am. It is this convenience that made me choose UT as a place to study. For colleagues who have economic problems, age, time, and distance constraints that make them think that studying is burdensome, I suggest studying at UT because UT truly breaks society’s assumptions: “college” is only for the richer. At UT, the costs are affordable, and at UT, all ages will be served wholeheartedly. In accordance with UT’s slogan, “Making Higher Education Open to All.
How can I manage my time?
Study, part-time work, and leisure time? I have to manage my time as best I can. Starting from work, part-time work, college, and my hobbies. If colleagues ask, “Aren’t you tired of doing that many activities? The answer is no, because I ground myself with a clear purpose. Thinking about positive and negative impacts in the future, Colleagues can access courses when there is free time. As a student, I can work on the questions given by the lecturer when there is free time. For example, during rest hours, holidays, weekends, or at night after work. The convenience provided by UT is very beneficial for students if it is used wisely.
Why did I take the Faculty of Economics and the Public Finance Accounting Study Program?
I chose the Faculty of Economics and Business at UT because I recognize the significant impact economics education has on our daily lives. Economics provides essential insights into national and international developments, such as stock markets, global inflation, tax calculations, and export-import dynamics. Understanding economics equips us with the knowledge to protect ourselves from poverty. My passion for economic activities drew me to the Public Finance Accounting Study Program. I enjoy recording expenses, income, and budgeting, and I am curious about the financial records of various sectors. This curiosity drives my desire to deepen my understanding of accounting.
After graduating, I plan to leverage my education to pursue a career in finance or accounting, contributing to the economic stability and growth of organizations and communities.
Berita Prodi
Journal of Financial Behavioural Accounting (JFBA)
Journal of Financial and Behavioural Accounting (JFBA) is a peer-reviewed journal managed by the Accounting Department and the Institute for Research and Community Service at Universitas Terbuka. JFBA is a specialized journal that focuses on research in the field of Financial and Behavioural Accounting. The JFBA editorial committee is committed to spreading the widest range of accounting studies and knowledge. JFBA ensures the publication of articles that meet high-quality standards through an objective review process. JFBA was conducted in the Google Scholar and Garba Rujukan Digital (Garuda) database.
FAQ
Secara umum, sebenarnya terdapat 2 skema layanan, yaitu layanan SIPAS dan non SIPAS. Sipas adalah sistem paket semester, artinya mata kuliah yang diregistrasi setiap semester telah ditentukan oleh Prodi sehingga mhs tidak bisa memilih mata kuliah lain diluar paket yang ada.
Sedangkan non sipas, mahasiswa bebas memilih mata kuliah dalam kurikulum sesuai dengan minat dan keinginannya. Walaupun bebas, tetapi sebaiknya paket arahan setiap semester diikuti karena paket tersebut telah diatur agar tidak terjadi bentrok jam ujian dan sesuai urutan capaian pembelajaran prodi secara utuh dari awal hingga akhir.
Hingga saat ini, Prodi Pariwisata baru ditawarkan di 5 UPBJJ, yaitu Batam, Gorontalo, Kendari, Ambon, dan Mataram. Calon mhs diluar 5 lokasi tadi, dapat sementara mendaftar disalah satu UPBJJ yang telah menawarkan Prodi Pariwisata.
Proses pembelajaran sesuai dengan konsep Pendidikan terbuka dan jarak jauh dapat dilakukan dimana saja secara mandiri dengan memanfaatkan layanan bantuan belajar seperti tutorial online. Semua matakuliah telah mempunyai layanan tuton. Adapun untuk pelaksanaan ujian, apabila dilakukan ujian tatap muka (UTM) atau ujian online (UO) dapat dilakukan di upbjj terdekat dengan mengajukan terlebih dahulu izin “numpang ujian” ke upbjj terdaftar untuk diarahkan ke upbjj tujuan.
Oya…proses pendaftaran dan registrasi mahasiswa baru dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke UPBJJ.
Salah satu keunggulan PTJJ adalah fleksibilitas cara pembelajaran. Mahasiswa tidak perlu datang kuliah kesatu tempat, tetapi dapat belajar dimana saja dan kapan saja, sesuai dengan waktu dan kondisi masing-masing mahasiswa. Oleh karena itu, perkuliahan di UT sangat cocok untuk para pekerja.
Apabila bekerja di luar negeri, mhs dapat mengajukan “numpang ujian” ke UPBJJ Mataram yang diarahkan ke Unit Layanan Luar Negeri. Saat ini, UT telah memiliki Pokjar di Oman.
Bagi para calon mahasiswa yang berada di luar negeri untuk sementara ini belum dapat mendaftar di UPBJJ UT Layanan Luar Negeri, karena penawaran masih terbatas di 5 UPBJJ.
Pada saat ini sedang proses pembukaan di UPBJJ kota lain ya… mohon ditunggu ya teman – teman!
Rekognisi Pembelajaran Lampu (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal, atau istilah lain yaitu sistem ahli kredit.
Sesuai dengan peraturan Menteri diakhir tahun 2021, RPL baru dapat dilakukan oleh Prodi yang telah memiliki lulusan. Prodi Pariwisata pada tahun 2023 belum mempunyai lulusan. Perkiraan RPL baru dapat dilakukan di tahun 2024.
Saat ini untuk program D3 / S2 / S3 belum ada ya…
Lowongan Dosen CPNS/PPPK untuk dosen Akuntansi saat ini belum ada. Namun UT biasanya merekrut tutor dan informasinya jika ada dapat dilihat di website UT.
Program magang yang langsung ditawarkan oleh Prodi belum ada, tapi dapat difasilitasi dengan program MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Informasi mengenai MBKM bisa dipantau dari IG kami, IG @univterbuka atau IG @fak.ekonomi.univ.terbuka
Program KKN mahasiswa difasiltasi dengan MKPM (Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat). Untuk mengikuti MKPM ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa.
MK Berpraktik dilakukan melalui Praton (Praktikum Online). Setip mahasiswa wajib mengikuti Praton. Untuk mendapatkan surat ijin/surat pengantar/dan lain – lain (sesuai dengan ketentuan setiap MK berpraktik), kamu dapat menghubungi UPBJJ melalui email atau bisa datang langsung ya…
Moocs (Massive Online Open Courses) dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa, mahasiswa dapat memilih kursus yang diminati.
Atau mahasiswa dapat bergabung dengan ICE Institute, serta website2 lain yang menyediakan moocs tentang tourism & hospitality. Pastikan mendapat sertifikat di akhir kursus.
Gelar lulusannya S.E, prospek kerjanya dapat di bidang akuntansi keuangan publik
Keunggulan Prodi Keuangan Publik UT yaitu :
- Proses pembelajaran yang fleksibel, setiap mahasiswa dapat menyesuaikan waktu belajar dengan kegiatan/pekerjaannya.
- Akreditasi Prodi Pariwisata “B”.
- Biaya kuliah yang terjangkau.
- Dosen – dosen yang mumpuni.
- Tanpa pembatasan tahun kelulusan SMA (sederajat), dan usia.
- UT memiliki layanan bantuan belajar yang beragam.
- Pelayanan melalui jaringan kantor UPBJJ di seluruh Indonesia.
- Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.
Pendaftaran mahasiswa baru di UT dibuka sepanjang tahun, namun untuk kegiatan perkuliahan per semester dapat dilihat di kalender akademik UT ya untuk lebih detailnya, dengan alamat :
https://www.ut.ac.id/kalender-akademik/sarjana-diploma
Tentu saja mahasiswa kami dapat mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan bimbingan dari dosen ya. Mahasiswa Program Sarjana minimal sudah semester 2 dan maksimal semester 7.
Pastikan kalian untuk tetap aktif mencari informasi melalui IG kami, IG @univterbuka atau IG @fak.ekonomi.univ.terbuka untuk program PKM ya.
© 2024. Copyright Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Terbuka